Tips Merawat Otak Agar Tetap Encer

Posted: November 29, 2010 by fhateh in Kesehatan

Otak manusia terdiri dari ribuan sel syaraf yang menyusun. Sel-sel syaraf otak akan berkembang apabila otaknya digunakan secara baik/maksimal, terutama pada hal-hal yang baik/positif, dan bukan sebaliknya. Ada beberapa tips agar otak kita tetap encer ketika kita gunakan untuk berpikir, diantaranya adalah:
1. Tidak dibiarkan kosong apalagi sering, ini tidak akan menjaga perkembangan sel-sel dalam otak. Otak yang sering kosong dari kegiatan tertentu, akan mudah dimasuki dan digoda syaithon, maka jadilah otak kita temannya syaithon, yang berpikir tidak sehat lagi.
2. Tidak dibiarkan untuk bermalas-malasan, usahakan setiap waktu ada makanan yang masuk untuk merangsang perkembangan otak. Diantara makanan itu adalah contohnya : membaca, berpikir, membuat rencana, menulis, termasuk ngeblog, medengarkan nasehat/ceramah/hal-hal yang baik yang bermanfaat untuk men-tidaknganggurkan- otak.
3. Tidak memforsir otak ketika badan sudah lelah. Otak juga perlu istirahat agar segar kembali.
4. Jangan mudah syu’udhon (berprasangka buruk), sebaliknya harus dibiasakan khusnudhon (berbaik sangka), positif thinking.
5. Jika sedang menghadapi banyak masalah yang datang bersamaan, usahakan jangan dipikir sendiri, namun cobalah minta tolong/curhat kepada orang lain yang kita anggap mampu memberi jalan penyelesaian dari masalah.
6. Jangan memendam masalah dan membiarkan bersarang di otak, lebih baik dikeluarkan saja (curhat/minta nasehat) kepada orang lain. Jika masalah dibiarkan menumpuk di otak semakin lama syaraf otak bisa tidak mampu menanggungnya sehingga bisa saja terkena stress ringan bahkan berat, atau justru menjadi kurang sehat.
7. Istirahat yang cukup, beri asupan gizi yang baik, termasuk susu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s