Tips Mendapatkan Beasiswa

Posted: Januari 9, 2012 by fhatahmm7 in tulisan

Mahir menggunakan bahasia Inggris ternyata bukanlah syarat mutlak semata. Masih ada beberapa kiat lainnya. Antara lain kemampuan dalam pembuatan esai, juga dapat mempengaruhi kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Berikut beberapa tips guna mendapatkan beasiswa luar negeri.

1. Pastikan esai sesuai dengan tema
Buatlah esai yang brilian namun sesuai dengan tema, dan sarat akan pesan yang sesuai dengan jurusan yang Anda inginkan dan alasan yang mendasari mengapa menginginkan studi itu sebagai prioritas pertama.

2. Menjawab pertanyaan dasar
Dalam pertarungan memenangkan beasiswa, Anda akan berkompetisi dengan kandidat yang memiliki latar belakang dan tujuan yang sama. Gunakan pertanyaan esai sebagai jalan untuk membuktikan kepada pemberi beasiswa bahwa Anda adalah orang yang paling layak menerima beasiswa.

3. Berbagi cerita tentang diri sendiri
ceritakan dan jelaskanlah diri anda dalam uraian singkat 500-1000 kata. Tidak perlu menjelaskan semua tentang diri Anda. Fokuskan pada salah satu aspek dari diri Anda.

4. Tulisan harus menunjukkan “passion
Para pemenang beasiswa, umumnya menulis esai tentang apa yang mereka senangi, sehingga gairah penulis akan terasa. Tulislah sesuatu yang benar-benar Anda pedulikan selama ini dan menjadi ketertarikan tersendiri.

5. Esai harus spesifik 
Kesalahan umum dalam menulis esai adalah menggunakan pendapat umum, daripada sesuatu yang lebih spesifik. Juri atau dewan penentu beasiswa menginginkan kisah hidup Anda yang menunjukkan bagaimana pendidikan telah memengaruhi hidup Anda. Fokuslah pada salah satu pengalaman yang membuat pembaca akan teringat tentang kisah Anda itu. 

6. Harus ada pernyataan inti
Pastikan esai yang Anda tulis memiliki poin yang jelas. Harus ada ide sentral yang dipahami pembaca. Coba trik sederhana ini untuk menemukan apa inti dari esai Anda, “Bagaimana Anda menjelaskan esai yang ditulis dalam satu kalimat?”.

7. Tunjukkan prestasi
Berhasil dalam mendapatkan beasiswa adalah tentang bagaimana memberikan kesan dan menunjukkan kepada para pemberi beasiswa bahwa Anda adalah kandidat terbaik yang layak mendapatkan beasiswa tersebut. Prestasi, aktivitas, bakat, dan berbagai penghargaan yang pernah Anda raih akan membuktikan bahwa Anda benar-benar kandidat terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s