Perkembangan Telematika

Posted: Oktober 9, 2012 by fhatahmm7 in Tugas

Perkembangan Telematika

Kata “TELEMATIKA” saat ini sepertinya sudah menjadi hal yang umum kita dengar dizaman yang serba modern saat ini. Telematika itu sendiri dalam bahasa Indonesia adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika, telematikan sering dikaitkan dengan istilah didunia komputerisasi ,padahal telematika sendiri dapat dipakai diberbagai bidang. Kata telematika sejatinya berasal dari bahasa perancis yaitu TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Diindonesia sendiri perkembangan telematika tidak secepat Negara-negara adidaya bahkan dengan Negara tetangga seperti singapura dan Malaysia, Indonesia masih dikatakan sangat tertinggal hal ini dikarenakan kurangnya perhatian dan dukungan dari pemerintah atas perkembangan telematika dinegeri kita tercinta ini baru ditahun sekitar 1980 perkembangan telematika diindonesia mulai diperhatikan, diawal-awal penggunaan telematika hanya sebatas berkirim pesan atau yang saat ini kita kenal sebagai email, sampai pada tahun 1990 penggunaan telematika diindonesia mulai dikenal banyak orang, sampai akhirnya saat ini perkembangan telematika dibidang internet diindonesia sangat pesat ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna akun jejaring social media diindonesia yang menempati peringkat kelima akun terbanyak didunia.dan semakin diutamakannya dunia telematika diindonesia contohnya dalam system pengamatan traffic control diindonesia . kepolisian Indonesia sudah mulai memberikan informasi secara realtime keadan traffic light dibeberapa pusat kemacetan di ibukota bahkan dikota-kota besar diindonesia, user dapat mengaksesnya melalui situs resmi kepolisian.

Trend Kedepan

Untuk kedepannya diharapkan Indonesia mampu menyamai Negara-negara tetangga dalam hal infra struktur kebijakan pemerintah maupun aplikasinya terhadap masyarakat. Kalau dibandingkan dengan Negara seperti Malaysia , Filipina bahkan singapura Indonesia masih sangat terbelakang oleh karena itu peran pemerintah dan pengusaha sebagai penyedia layanan harus mendukung penuh untuk mengatasi berbagai macam kekurangan bidang telematika di Indonesia ini, dan masyarakat sebagai user harus mengkritisi apa yang harus dilakukan untuk kemajuan telematika di negri kita tercinta ini.

Salam penulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s